Distributor Akrilik

Distributor Akrilik / Acrylic

Akrilik (acrylic) saat ini menjadi salah satu material berbahan plastik yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan sebagai alternative yang bagus dalam meminimalisir biaya tinggi dan daya tahan pemakaiannya karena bahan akrilik tidak mudah pecah dan tangguh. acrylic biasa digunakan dalam berbagai fungsi misalnya dijadikan sebagai perabotan, stand display, hiasan, patung, bingkai foto, hiasan & lain sebagainya.

Distributor Akrilik Bening / Acrylic Clear

Distributor Akrilik Putih / Acrylic White Opaque

Distributor Akrilik / Acrylic White Opal

Distributor Akrilik / Acrylic White Opal

Distributor Akrilik Kaca / Acrylic Mirror Gold

Distributor Akrilik / Acrylic Mirror Rose Gold

Distributor Akrilik / Acrylic Mirror Silver

Distributor Akrilik Warna / Acrylic Color

Distributor PVC Foam Board

Tentang Acrylic

  • Apa Itu Akrilik Lembaran?
  • Akrilik di bagi Menjadi Beberapa Jenis: jenis ekstrusi, jenis cetakan
  • Keunggulan
  • Pernah digunakan pada perang dunia
  • Perkembangan di era modern
  • Penggunaan Material Untuk Industri
  • Penggunaan Material Untuk Rumah

Pengertian Acrylic

Akrilik adalah plastik polimer transparan berupa lembaran yang biasanya dijadikan bahan substitusi dari kaca. Akrilik sangat ringan, bahkan hingga 30 persen, lebih ringan dari kaca pada umumnya. Akrilik mempunyai kemampuan untuk mentransfer cahaya, menahan panas dan mempunyai kemampuan struktural yang lebih kuat daripada kaca. Tidak hanya itu saja, akrilik juga bisa dicetak menjadi berbagai bentuk ataupun lembaran-lembaran dan menyesuaikannya dengan keinginan Anda. Harganya yang relatif terjangkau menjadikan akrilik sangat populer di dalam dunia properti.

Dalam sejarahnya, akrilik pertama kali diciptakan pada tahun 1843. Asam metacrilik dan methanol dicampurkan, dan terbentuklah methyl methacrylate. Polymethyl methacrylate atau akrilik ini ditemukan pada awal tahun 1930 oleh seorang kimiawan yang berasal dari Inggris yang bernama Rowland Hill dan John Crawford.

Di waktu yang bersamaan, kimiawan asal Jerman yang bernama Otto Rohm dan Haas AG juga berhasil menciptakan akrilik dengan cara memisahkan molekul 2 lapis kaca pada tahun 1933. Akrilik ciptaan Rowland Hill bersama John Crawford dipatenkan dengan nama Perspex, sedangkan akrilik ciptaan Otto Rohm bersama Haas AG dipatenkan dengan nama Plexiglas.

Jenis-Jenis

Akrilik Cetak (Cast Acrylic)

Akrilik dengan jenis ini dibuat dengan cara mencampur bahan – bahan yang dibutuhkan dalam bentuk cairan panas. Proses kimia terjadi saat pelelehan bahan – bahan yang dibutuhkan, kemudian dituang ke cetakan yang berupa lembaran. Ketika suhu mendingin, cairan tersebut akan mengeras. Akrilik ini membutuhkan peran manusia dalam pembuatannya.

Akrilik Ekstrusi (Extruded Acrylic)

Akrilik ekstrusi sedikit berbeda dengan akrilik cetak yang memanfaatkan alat cetak. Akrilik jenis ini dibuat menggunakan mesin, dimana mesin akan menekan akrilik menjadi sebuah bentuk, sementara proses kimia terjadi saat proses mekanik terjadi. Harganya lebih murah dari Cast Acrylic karena lebih sedikit melibatkan peran manusia.

Akrilik Lembaran Transparan (Clear Acrylic Sheeting)

akrilik lembaran transparan. Akrilik jenis ini merupakan salah satu jenis yang paling umum dan paling mudah untuk Anda temui. Lembaran akrilik yang transparan bisa Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan yang berbeda-beda dan sebagai perabotan, stand display, hiasan, patung, bingkai foto, hiasan & lain sebagainya.

Akrilik Lembaran Berwarna (Colored Acrylic Sheeting)

Jenis akrilik lembaran yang satu ini, adalah jenis akrilik yang memiliki berbagai pilihan warna, sehingga penggunaannya tak hanya sebagai pengganti peran kaca, tapi juga sebagai penambah dekorasi dalam rumah. Jenis Akrilik ini tak jauh berbeda dengan yang transparan, hanya saja jenis ini memiliki beragam warna, sehingga dapat menambah warna tersendiri saat digunakan.

Keunggulan dan Kelebihan

Kegunaan untuk Rumah dan Interior

  1. Kanopi Bangunan

Kanopi merupakan atap tambahan di luar rumah yang digunakan pada bagian teras atau balkon dan carport. Penggunaan kanopi akrilik banyak digunakan karena dapat membiaskan cahaya, serta dinilai lebih aman dari jenis kanopi lainnya.

  1. Meja dan Side Table

Akrilik juga dapat digunakan sebagai dasar pembuatan meja dan side table. Dengan menggunakan akrilik dapat menambah kesan luas dan dapat menjadi wadah penyimpanan fungsional tanpa menambah beban visual pada ruang.

  1. Meja Makan

Dengan menggunakan meja makan akrilik pada ruang makan Anda, dapat menambah nilai interior sendiri untuk ruang makan Anda. Dengan menggunakan meja makan akrilik dapat menambah kesan bersih dan higienis pada ruang makan hunian Anda.

  1. Bubble Chair

Bubble chair merupakan jenis bangku yang berbahan dasar akrilik yang dapat menambah nilai interior hunian Anda. Akrilik dipilih sebagai material dasar bubble chair dikarenakan akrilik merupakan jenis bahan yang menyerupai kaca, dan mudah lentur sehingga mudah dibentuk. Bubble chair cukup aman untuk anak-anak karena bangku ini terbuat dari akrilik yang aman untuk anak-anak.

  1. Storage Box

Selain digunakan untuk barang berukuran besar, Akrilik juga dapat digunakan untuk furniture kecil dalam rumah seperti storage box atau tempat penyimpanan yang dapat membuat barang barang dalam rumah dapat teroganisir dengan rapih. Storage box akrilik banyak dipilih karena jenis ini menyerupai kaca dan tembus pandang, sehingga pengguna dapat mudak menemukan barang yang dicari tanpa harus mengeluarkannya satu persatu. Selain itu storage box akrilik dinilai lebih aman karena tidak mudah pecah.

Kekurangan

Akrilik bisa patah apabila terkena tekanan keras

Tips Cara Membersihkan:

Agar furniture berbahan dasar akrilik tetap bersih Anda dapat menggunakan kain yang sedikit basah ketika membersihkannya. Usahakan untuk menggunakan kain yang cukup lembut agar tidak membuat goresan berlebih pada permukaan akrilik. Jika terjadi goresan pada permukaan akrilik, Anda dapat menggunakan cairan yang dikhususkan untuk menyamarkan dan menghilangkan goresan pada akrilik.

Pernah Digunakan Pada Perang Dunia

pada awal kemunculannya bahan ini sering digunakan pada perang dunia ke dua. Seperti yang dilansir dari creative mechanismcs, akrilik sering digunakan sebagia periskop untuk kapal selam hingga penggunaan pada jendela pesawat, menara hingga kanopi. sebagai perbandingan, jika prajutit terkena pecahan akrilik itu satu hal yang jauh lebih aman jika dibanding dengan terkena pecahan kaca. tentu, masih banyak beberapa keunggulaan dan kenapa bahan ini dipakai, khususnya dalam perang dunia.

Perkembangan di Era Modern

Setelah berakhirnya perang dunia, tidak begitu saja bahan ini hilang. perkembangan jaman membuatnya digunakan untuk hal lain. tidak jarang, bahan akrilik digunakan pada beberapa bidang industri. tidak jauh jauh pada benda-benda disekitar kita seperti lensa, cat, alat kesehatan, layar LCD hingga penerapan pada furnitur.

5 Karakteristik Manfaat Acrylic

Acrylic Mudah untuk Dibentuk

Acrylic adalah bahan yang mudah dibentuk dan dijadikan untuk berbagai karya seperti figura, bingkai foto, tabung atau botol. Plastik acrylic mudah lentur ketika mencapai suhu 100 derajat celsius. Bahkan saat bahan mulai mendingin, plastik acrylic mampu mempertahankan kelenturan dan dapat diolah bentuknya sesuai dengan apa yang kita inginkan. Manfaat lain dari kelenturan plastik acrylic adalah kemampuan mengerjakan proyek besar seperti skylight dan bow-front aquariums. Plastik acrylic juga bisa digergaji, dibor oleh mesin, jadi sifatnya seperti logam lunak dan kayu. Cara agar lebih hemat biaya dalam membentuk plastik acrylic adalah dengan menggunakan cetakan dalam plastik atau kayu.

Acrylic Tahan Terhadap Cuaca

Sifat plastik acrylic yang tangguh terhadap cuaca, maka plastik acrylic ini menjadi pilihan yang tepat untuk lensa pada lampu depan mobil dan jendela rumah. Plastik acrylic juga bisa digunakan untuk bahan pembuatan kanopi rumah (tenda outdoor) karna memiliki kemampuan dalam mempertahankan tampilan dan warna yang tahan lama untuk jangka panjang. Selain itu, cat yang dicampur dengan bahan plastik acrylic juga akan melindungi dari paparan cahaya matahari yang berlebihan dan mampu mempertahankan warna dari cat tersebut.

Acrylic Memiliki Sifat yang Ringan

Plastik acrylic memiliki sifat dan bahan yang ringan serta hampir 50 persen lebih rendah tingkat keringanannya dari produk lainnya. Plastik acrylic sangat mudah untuk ditangani dalam proses penggunaannya. Popularitas plastik acrylic sebagian besar terkait dengan tingkat keringanannya dan tidak memberikan banyak beban terhadap barang-barang ataupun produk hasil bentukan plastik acrylic.

Acrylic Tahan Terhadap Benturan

Plastik acrylic memiliki bahan yang dirancang dengan ketahanan benturan tinggi, yaitu hampir 17 kali lebih kuat terhadap benturan daripada bahan lainnya. Kekuatan tariknya mencapai 8.000 lbs per inci persegi. Jika terjadi kerusakan akibat benturan, plastik acrylic tidak akan pecah menjadi potongan kecil. Jika rusak, plastik acrylic malah akan patah menjadi potongan yang besar-besar. Aspek keselamatan ini diapresiasi untuk pintu keamanan, pintu kaca geser, maupun pintu kamar mandi. Plastik acrylic bahkan digunakan di arena hoki sebagai tempat berlindung.

Acrylic Sangat Transparan

Plastik acrylic memiliki sifat yang jelas dan tembus pandang, serta tidak akan mudah berwarna kuning atau berubah warna dari waktu ke waktu. Plastik acrylic yang bersifat transparan, dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis design interior ruangan rumah. Penggunaan plastik acrylic yang transparan ini bisa sangat menarik untuk dipakai dalam dunia arsitek interior bangunan, yaitu dengan berbagai ide kreatif design interior masa kini. Plastik acrylic cocok untuk design rumah yang bertema green house, karna dengan sifatnya yang transparan, maka akan meminimalisir penggunaan cahaya lampu yang berlebihan. Hal ini menjadikan plastik acrylic sebagai pilihan yang sangat menarik untuk jendela etalase, skylight dan rumah kaca. Plastik acrylic juga merupakan bahan yang tahan terhadap sinar UV.

Setelah mengenal apa itu Akrilik / Acrylic, saatnya infokak.com memberikan informasi perusahaan distributor Akrilik / Acrylic terpercaya di Indonesia:

Perusahaan Distributor Akrilik Lembaran / Acrylic Sheet

AKRILIK PEDIA

C-15 Duta Indah Iconic, Jalan MH. Thamrin No.2  Panunggangan Utara Kecamatan Pinang Kota Tangerang Banten 15143 Indonesia

Kunjungi website resminya untuk melihat layanan dan bermacam-macam produk

Akrilik Murah